Beranda

Jumat, 25 Maret 2016

Web Science

Web yang berarti jaringan atau suatu sistem di internet yang merupakan satu/kumpulan halaman informasi yang memungkinkan siapapun agar bisa menyediakan atau menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Dengan menggunakan teknologi tersebut, informasi dapat diakses selama 24 jam dalam satu hari dan dikelola oleh mesin.
Web atau sering kita sebut WWW (World Wide Web) dicetuskan oleh seorang yang berkebangsaan Inggris bernama Sir Tim Berners-Lee. Ia merupakan lulusan Universitas Oxford, Inggris, pada tahun 1989. Pada saat itu, Tim adalah seorang insinyur perangkat lunak di CERN, yang juga dikenal sebagai European Particle Physics Laboratory, laboratorium fisika partikel besar di dekat Jenewa, Swiss. Dia menulis web pertama klien dan server pada tahun 1990. Spesifikasi nya URI, HTTP dan HTML yang halus sebagai teknologi Web menyebar. Web yang dia ciptakan merupakan sebuah internet berbasis hypermedia inisiatif untuk berbagi informasi global. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).
Sejak saat itu, Web telah mengubah dunia. Ini tak diragukan lagi menjadi media komunikasi yang paling kuat di dunia yang pernah dikenal. Sedangkan hanya 25% dari orang-orang di planet ini sedang menggunakan Web (dan Web Foundation bertujuan untuk mempercepat ini pertumbuhan substansial), Web telah mengubah cara kita mengajar dan belajar, membeli dan menjual, menginformasikan dan diinformasikan, setuju dan tidak setuju, berbagi dan berkolaborasi, bertemu dan cinta, dan mengatasi masalah mulai dari meletakkan makanan di meja kami untuk menyembuhkan kanker.
Sedangkan Science berarti ilmu pengetahuan atau kumpulan pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya, yang mempunyai obyek dan tujuan berupa memecahkan masalah yang dilakukan oleh manusia yang termotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia sekitar mereka dan keinginan untuk memahami suatu hal atau kejadian tersebut, disusun secara sistematik, berkembang dengan metode ilmiah, dan berlaku universal dan dapat diuji kebenarannya (diverifikasi). Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya
Dari pengertian web dan science diatas, kita dapat mengabil kesimpuan bahwa Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut. Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.
Web Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.
Aktifitas WSRI fokus pada (i) artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific, (ii) mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science dan (iii) mengikat pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.
Untuk melanjutkan aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web Science secara global, para direktur WSRI membuat badan amal yaitu Web Science Trust (WST). WST berkerja sama dengan World Wide Web. Tujuannya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam pengembangan Web Science. Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web. Trust dan Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan disiplin dari Web Science dan akan bekerja bersama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentag Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat luas.
Dari penelitian penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, mempertanyakan bagaimana relasi Web dan relasi terhadap multi disiplin.  Web Science adalah merupakan ilmu yang berpusat pada sistem informasi. Web Science sangat membutuhkan pemahaman akan Web dan juga harus sangat care (peduli) pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan penyampaian yang sangat interaktif. Harus disadari bahwa World Wide Web adalah teknologi yang berusia baru beberapa tahun, di sisi lain Web adalah bukan dunia yang statis tetapi super dinamis. Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan  pada Web Science banyak menekankan pada : majunya perkembangan Web,  mengimprovisasi segala hal dalam pengembangan Web, mendukung  mobility, media media baru dalam bentuk apapun dan meningkatnya jumlah data ataupun informasi yang tersedia secara online, pentingnya hal sosial seperti menghargai dan menyimpan hak privasi, memantau banyaknya jenis  dari penelitian Web
Banyak sekali macam-macam ilmu pengetahuan yang saling berkaitan dengan Web atau jaringan. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut :
1.         Web Engineering
2.         Artificial Intelligence
3.         Mathematics
4.         Psychology
5.         Biology
6.         Ecology
7.         Sociology
8.         Socio Culture
9.         Law
10.     Economics
11.     Media.



Pentingkah Web Science ? Mengapa harus ada ?
Web Science adalah ilmu yang sangat berkembang pada zaman ini  memberikan kemudahan keteraturan dan wawasan yang membuat kita membuka mata lebih lebar agar menjadi manusia yang lebih maju. akan tetapi dalam hal ini kita harus lebih cermat dalam memilah milah atau memilih apa saja ilmu yang telah diberikan pada Teknologi Web, kebanyakan orang atau anak remaja masa kini di dalam kehidupan atau kesehariannya pasti tidak luput dari kebaikan atau keburukan yang diberikan oleh Teknologi Internet, saat ini internet merajalela dimana mana bahkan di Indonesia pun lebih dari satu juta orang perharinya mengakses internet untuk keperluan masing masing. Dengan sangat mudahnya Teknologi Internetpun dalam genggam kita, banyak sekali telephone genggam yang sudah dilengkapi dengan Teknologi Internet yang cukup cepat diakses pada ataupun untuk hal tertentu. Banyak sekali perusahaan, yang telah mengaplikasikan Teknologi Internet pada kantor kantornya ini dimanfaatkan untuk meningkatkan keefektifitasan para pegawai dalam kedisiplinan, kerajinan, atau bahkan bisa menjalin kekerabatan antar sesama pegawai yg sebelumnya tidak pernah bertemu secara langsung. Dalam bidang pendidikan tentu banyak sekali “manfaat” yang bisa kita dapatkan dalam Teknologi Internet, misalnya saja pada hari ini lewat Teknologi Internet saya bisa mengerjakam tugas yang diberikan oleh dosen saya, karna fasilitas dalam Internet, membantu, menambah wawasan juga, dalam menyelesaikan apa yang ingin saya lontarkan pada penyelsaian tugas kali ini. Para pelajar yang masih duduk di bangku SMP, SMA, selalu menggunakan fasilitas Teknologi Internet dalam keseharian mereka, dalam hal pelajaran, memanbah wawasan, ataupun yang ingin memanjakan imajinasi mereka melalui game online yang bermacam macam tentunya bisa menumbuhkan rasa tertantang untuk menyelesaikan game tersebut.
Akan tetapi dari banyak nya mafaat yang didapatkan pada Teknologi Internet,  kita juga harus lebih hati-hati dalam menyaring informasi informasi yang kita dapat dari Teknologi ini sebelumnya, disamping banyaknya manfaat, keburukan pun bisa terjadi dalam teknologi yang banyak sekali digunakan pada saat ini.
Sir Tim Berners-Lee mengungkapkan kekhawatirannya soal dunia web jauh sebelum kita mengenal web itu sendiri. Dia cemas karena popularitas dunia maya kerap dimanfaatkan untuk menyebarkan beragam kebohongan, hoax juga mitos sesat. Berkenaan dengan fenomena tersebut, Sir Tim pun mengemukakan bahwa situs-situs internet harus bisa dipercaya. Ia menyarankan diterapkannya sebuah sistem pelabelan tertentu yang bisa menjamin kredibilitas website internet. Pengakses internet pun diharapkan bisa memilah informasi yang salah dan mana yang benar. Maka Web Science pun dibuat untuk kepentingan ini
Penjelasan diatas adalah sedikit review mengenai web science. Banyak manfaat web science bagi masyarakat. Khususnya pada dunia pendidikan. Penerapannya dengan penggunaan internet sejak dini. Para siswa dan siswi kini banyak dituntut dengan tugs-tugas yang memerlukan sarana internet. Internet pun kiri telah dikembangkan. Pemanfaatan web science yang berupa gambar, tulisan, audio, maupun video pada internet sangatlah baik bagi dunia pendidikan. Penggunaan intenet pun harus diawasi dengan serius karena saat ini banyak sekali penyalahgunaan internet bagi siswa siswi. Banyaknya situs yang isinya tidak bermutu seperti situs pornografi sangatlah mudah di akses, maka dari itu dibutuhkan pengawasan dari orang tua dengan membimbing untuk membuka situs-situs yang mengandung ilmu pengetahuan yang bermafaat bagi pendidikan.

ETIKA DALAM BERINTERNET

Pentingnya Etika Dalam menggunakan Internet adalah sebagai berikut:
1.  Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda.
2.  Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia anonymouse, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
3. Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
4.  Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya penghuni baru didunia maya tersebut.
        Jadi etika dalam menggunakan Internet sangat penting sekali bagi semua pengguna internet, etika yang dimaksudkan disini adalah dalam forum-forum yang bersifat umum dimana banyak orang/pihak tidak dikenal yang terlibat. Jika hanya berinteraski dengan teman sendiri yang sudah akrab, mungkin ini tidak jadi masalah mengingat si temanpun pasti sudah hafal karakter masing-masing, tetapi tentu saja tetap harus ada batas-batas yang tidak boleh dilampaui.

Dibawah ini adalah etika-etika dalam menggunakan internet yaitu sebagai berikut:
1.   Jangan menyindir, menghina, melecehkan, atau menyerang pribadi seseorang/pihak lain.
2.  Jangan sombong, angkuh, sok tahu, sok hebat, merasa paling benar, egois, berkata kasar, kotor, dan hal-hal buruk lainnya yang tidak bisa diterima orang.
3.  Menulis sesuai dengan aturan penulisan baku. Artinya jangan menulis dengan huruf kapital semua (karena akan dianggap sebagai ekspresi marah), atau penuh dengan singkatan-singkatan tidak biasa dimana orang lain mungkin tidak mengerti maksudnya (bisa menimbulkan salah pengertian).
4.  Jangan mengekspose hal-hal yang bersifat pribadi, keluarga, dan sejenisnya yang bisa membuka peluang orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal itu.
5.   Perlakukan pesan pribadi yang diterima dengan tanggapan yang bersifat pribadi juga, jangan ekspose di forum.
6. Jangan turut menyebarkan suatu berita/informasi yang sekiranya tidak logis dan belum pasti kebenarannya, karena bisa jadi berita/informasi itu adalah berita bohong (hoax). Selain akan mempermalukan diri sendiri orang lainpun bisa tertipu dengan berita/info itu bila ternyata hanya sebuah hoax.
7.  Andai mau menyampaikan saran/kritik, lakukan dengan personal message, jangan lakukan di depan forum karena hal tersebut bisa membuat tersinggung atau rendah diri orang yang dikritik.
8.  Selalu memperhatikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Artinya jangan terlibat dalam aktivitas pencurian/penyebaran data dan informasi yang memiliki hak cipta.
9.  Jika mengutip suatu tulisan, gambar, atau apapun yang bisa/diijinkan untuk dipublikasikan ulang, selalu tuliskan sumber aslinya.
10. Jangan pernah memberikan nomor telepon, alamat email, atau informasi yang bersifat pribadi lainnya milik teman kepada pihak lain tanpa persetujuan teman itu sendiri.



Bahan Referensi :
http://sergeantfai.blogspot.co.id/2011/02/apa-itu-web-science.html
http://faris6593.blogspot.co.id/2013/03/sejarah-web-dan-web-science.html
http://rey-rizousky.heck.in/apa-itu-web-science-darimana-web-science.xhtml
https://yendry03.wordpress.com/apa-itu-web-science/

1 komentar:

  1. The merupakan banyak deposit yaitu dan tanpa potongan
    yaitu dan tanpa งานออนไลน์ potongan merupakan 제왕 카지노 deposit yaitu dan tanpa potongan deposit yaitu dan tanpa potongan deposit yaitu 메리트 카지노 쿠폰 dan tanpa potongan deposit yaitu dan dan

    BalasHapus